Jumat, 10 Juli 2015



PENGERINGAN SAYURAN DAN BUAH-BUAHAN
(Tugas Teknik Pengeringan)


Oleh:
Arif junaidi                 1214071013
Iwan Novianto                        1114071024






JURUSAN TEKNIK PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
2015


PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang

Teknik pengeringan adalah teknologi pengurangan kadar air yang ada di dalam bahan agar bahan dapat bertahan lebih lama. Teknik pengeringan juga dapat diartikan proses pemindahan air dengan menggunakan panas atau aliran udara untuk mencegah atau menghambat pertumbuhan jamur atau bakteri agar tiadak berkembang. Pada era modern seperti saat ini teknik pengeringan banyak digunkan. Salah satu pengeringan yang digunakan adalah teknik pengeringan sayuran dan buah-buahan.

Sayuran dan buah-buahan merupakan bahan yang mudah rusak dan busuk, maka dibutuhkan teknologi yang dapat mempertahankan sayuran dan buah-buahan bertahan lebih lama. Salah satu metode yang dapat digunkan adalah dengan mengolah sayuran dan buah-buahan menjadi bahan olahan pangan. Dengan pengolahan ini dapat meningkatkan nilai tambah produk sekaligus meningkatkan nilai ekonominya serta menjaga stabilitas harga di pasaran. Industri pangan olahan untuk buah dan sayur yang prospektif pada saat ini adalah pengolahan buah dan sayur menjadi kripik buah maupun kripik sayur.

Berbagai macam buah dan sayur yang ada disekitar kita, dapat diolah menjadi pangan olahan kripik berbentuk kripik. Buah-buahan yang dapat diolah menjadi kripik buah dan telah banyak diolah antara lain nangka, nanas, apel, wortel, salak, mangga, melon dan lainya. Sedangkan sayur-sayuran yang banyak diolah antara lain waluh/labu, pepaya, terung, buncis, kacang panjang, mentimun, jamur tiram dan sebagainya.

Dengan menggunakan mesin dan peralatan lainya, buah dan sayur itu, bisa kita tingkatkan nilainya sehingga menjadi komoditi dengan nilai jual tinggi. Pada saat ini yang paling banyak dipakai dan effisien dalam mengolah kripik buah dan sayur adalah mesin penggoreng hampa udara ( vacuum frying). Selain itu ada mesin dewater yang dapat mengurangi kadar air pada sayuran dan buah-buahan.
1.2  Tujuan Makalah
Adapun tujuan dari makalah ini adalah:
1.      Mahasiswa dapat mengetahui cara yang tepat dalam mengolah sayuran dan buah-buahan.
II. PEMBAHASAN

2.1 Mesin Vacuum Frying
Sistem Kerja Vacuum Frying

Sistim kerja mesin vacuum frying (pengering buah) sangat sederhana. Konstruksi mesin kompak dan sederhana sehingga tiddak memakan tempat dan memudahkan dalam pengoperasianya. Sistem kerjanya sebagai berikut. Buah / sayur digoreng pada mesin vacuum fryer, dengan medium minyak goreng. Pemanasan minyak goreng disetting pada suhu rendah antara 80-85 derajat celcius. Pemanasan ini menggunakan bahan bakar LPG. Untuk mempercepat penggorengan, maka dilakukan penyedotan kandungan air pada buah dengan cara pemvakuman. Pemvakuman ini menggunakan pompa khusus, dengan tenaga listrik.

Selama penggorengan suhu penggorengan terkontrol otomatis pada suhu 80-85 derajat celcius. Suhu rendah yang terkontrol ini menjadikan buah dan sayur yang digoreng tetap pada warna aslinya, tidak berubah warna atau gosong seperti kita mennggoreng secara konvensional pada umumnya. Sehingga jika kita mengolah nangka menjadi kripik maka warna asli nangka yang kekuning-kuningan tetap ada. Ini tentu sangat menarik dan mengundang bagi para konsumen.
Selain itu kelebihan lainya, adalah buah dan sayur yang diolah menjadi kripik dengan proses penggorengan Vacuum Frying ini nutrisi yang dikandung pada buah dan sayur tidak hilang selama proses penggorengan. Karena proses penggorengan dilakukan pada suhu rendah yang terkontrol yaitu pada suhu antara 80 – 85 derajat celcius disertai dengan proses pemvakuman (hampa udara).

Penggorengan juga dilakukan dengan tanpa penambahan zat pewarna maupun zat perasa (MSG) sehingga produk tetap dengan warna alaminya dan rasa asli dari buah dan sayur tersebut. Sehingga kualitas produk tetap terjaga dan hasilnya adalah kripik buah dan sayur yang renyah, kering, tanpa / sedikit minyak, tanpa zat tambahan dan alami.
Cara membuat keripik buah dan sayur dengan mesin vacuum frying ini sangat sederhana dan mudah dilakukan. Prosesnya adalah sebagai berikut :
1. Buah dikupas dan iris sesuai dengan keinginan kita.
2. Buah / sayur dimasukan ke mesin.
3. Kripik buah / sayur akan matang dalam waktu antara 40 – 60 menit.

2.2 Dewater Machine



Mesin dewater adalah mesin untuk mengurangi kadar air  (Dewater) dari buah-buahan dan  sayuran sebelum digoreng sehingga produk yang dihasilkan lebih renyah / garing (Misalnya keripik kentang, wortel, singkong, dll) Juga digunakan untuk mengeringkan sayuran yang baru dicuci, misalnya untuk salad. Dilengkapi Timer (0 ~ 6 menit) dengan kapasitas maksimum 13 Kg. Mesin ini dilengkapi kontrol kecepatan (Beroperasi pada 3 phase - 380 V) sehingga mempunyai 2 fungsi (Dewater & Deoil), RPM untuk fungsi Dewater berkisar 600 ~ 900 / RPM.

DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar